Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Tepat

No comment 133 views

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi, ada baiknya Anda paham terlebih dahulu apa itu cegukan dan mengapa cegukan bisa terjadi pada bayi.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Penting untuk diketahui, bahwa cegukan sebenarnya merupakan kondisi yang normal terjadi, tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada bayi. Dalam dunia medis, cegukan disebut juga dengan singultus, yakni kondisi dimana diafragma mengejang (kontraksi) secara tiba-tiba tanpa adanya kontrol dari tubuh. Nah! Ketika terjadinya kontraksi, membuat pita suara menutup hingga menimbulkan suara cegukan seperti yang Anda dengar.

Pada dasarnya cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya. Jadi Anda tidak perlu begitu khawatir karenya. Hanya saja cegukan yang terlalu lama apalagi saat cegukan terjadi ketika ia sedang tidur, dapat mengganggu kenyamanan tidurnya. Lantas apa Sih! Yang menjadi penyebab cegukan pada bayi? Berikut penjelasannya.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa Ya! Bayi Saya bisa cegukan? Bayi yang mengalami cegukan bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena proses menyusu yang terlalu cepat. Saat si kecil menyusu, udara masuk melalui mulut si kecil. Udara ini kemudian akan terjebak di dalam perutnya sehingga menimbulkan cegukan. Hal yang sama juga mungkin terjadi ketika si kecil sedang tidur. Posisi mulut yang terbuka, membuat aliran udara dari luar dengan leluasa masuk ke dalam organ pencernaannya, sehingga bayi mengalami tersedak dan di susul dengan cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Perlu ditegaskan kembali, bahwa sebenarnya cegukan itu tidak berbahaya. Hanya saja Anda harus pelajari cara mengatasi cegukan pada bayi. Jika si kecil mengalami cegukan saat ia terlelap, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukannya;

  1. Menyendawakan bayi sebelum tidur

Menyendawakan bayi baik itu sebelum tidur ataupun ketika bayi mengalami cegukan saat tidur memang paling ampuh untuk mengatasi cegukan. Cara ini biasa dilakukan oleh orangtua kita dulu bahkan di dunia medis sekalipun. Caranya juga tidak sulit, ketika bayi mengalami cegukan, segera angkat si kecil dan posisikan berdiri ia di pundak Anda. Selanjutnya tinggal di tepuk-tepuk bagian tengkuk si kecil hingga ia bersendawa. Maka dalam beberapa saat, cegukan akan hilang. Nah, jika cegukan sudah berhenti, posisi kan kembali di kasur. Dengan begitu bayi Anda dapat melanjutkan tidurnya dengan nyaman.

  1. Pahami posisi bayi yang tepat saat menyusu

Jika penyebab bayi mengalami cegukan adalah karena menyusui, maka cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan adalah dengan memahami posisi yang tepat saat ia menyusu. Perlu Anda ketahui bahwa posisi menyusu dapat mempengaruhi banyaknya udara yang terhirup masuk ke dalam perut si kecil. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan bantalan di kepala si kecil saat ia sedang menyusu, sehingga posisi kepala menjadi lebih tinggi dari badannya. Dengan posisi kepala yang lebih tinggi, membuat udara lebih sedikit yang masuk ke sistem pencernaannya, sehingga cegukan pun dapat teratasi.

  1. Segera Susui bayi Anda

Cara lain yang bisa dilakukan ketika bayi mengalami cegukan adalah dengan segera menyusui si kecil. Cara ini juga disinyalir yang paling cepat menghentikan cegukan pada bayi. Dan jangan lupa, untuk selalu menyendawakan si kecil begitu ia selesai menyusui.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Tepat"