Waspada! Anemia Bisa Sebabkan Rambut Rontok

No comment 149 views

Anemia, biasa juga disebut dengan istilah penyakit kurang darah. Tapi tahukah Anda, sebenarnya anemia bukanlah penyakit, melainkan kondisi dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah sangat rendah. Kadar Hb yang rendah ini bisa disebabkan karena kebutuhan zat besi yang tidak tercukupi. Sehingga tubuh menjadi cenderung lemas dan rambut pun ikut rontok.

cara mengatasi kerontokan rambut

 

Penyebab Rambut Rontok Pada Penderita Anemia

Kerontokan pada rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh tidak dapat memproduksi Hemoglobin. Dan jika tubuh tidak bisa memproduksi Hb, maka Hb tidak dapat membawa/mengikat oksigen sehingga pertumbuhan dan perbaikan sel-sel yang merangsang pertumbuhan rambut menjadi terganggu.

Tanda seseorang yang mengalami kekurangan zat besi bisa dilihat dari gatis rambut di dahi yang semakin mundur dan juga area tengah rambut mengalami kebotakan. Jadi jangan heran, saat Anda menyisir rambut, Anda akan mendapati banyak rambut yang terangkat (rontok). Jika kondisi ini berlangsung lama, bisa-bisa Anda akan mengalami kebotakan. Lantas bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut karena anemia? Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan!

Cara mengatasi rambut rontok karena kekurangan zat besi

1. Pemberian suplemen zat besi

Untuk penanganan yang dilakukan secara medis, biasanya dokter akan meresepkan suplemen zat besi untuk di minum setiap hari. Fungsi pemberian suplemen ini adalah untuk memulihkan kadar zat besi dalam darah. Sedangkan untuk dosis pemberian obat ini, biasanya akan dilakukan bertahap, selama 3 s.d 6 bulan, sambil di kontrol secara rutin oleh dokter hingga simpanan zat besi dalam tubuh kembali normal.

2. Suntikan zat besi

Bagi penderita anemia skala berat, biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan suntik zat besi. Ini harus dilakukan mengingat kondisi penderita yang sudah sangat lemah, dan harus segera mendapatkan zat besi dengan cara yang cepat. Maka pemberian suntikan zat besi wajib dilakukan, sebagai tindakan urgency.

3. Merubah pola makan

Selain kedua cara diatas, merubah pola makan terutama mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi juga sangat diperlukan. Beberapa makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi antara lain, daging merah, ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Yuk! cari tau juga apa saja manfaat kunyit putih untuk kesehatan.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Waspada! Anemia Bisa Sebabkan Rambut Rontok"